17 Februari 2014

Keren! Dua Remaja Ini Temukan Cara Musnahkan Sampah Plastik

Sebentar lagi hari Peduli Sampah Nasional (21 Februari) jadi saya akan membahas tentang sampah khususnya plastik yang telah dapat diatasi oleh 2 pemuda ini. Hha??

Plastik, plastik dan lagi-lagi plastik. Memang bosan mendengar dan memperbincangkannya karena plastik adalah benda yang paling banyak digunakan dunia sebagai kemasan, hingga sampah plastik menumpuk di bumi ini mengakibatkan banjir, meracuni air, serta sulit dimusnahkan dan berakhir dilautan.

Miranda Wang and Jeanny Yao

Para ahlipun masih kebingungan cara memusnahkannya, karena plastik akan musnah dalam kurun waktu sangat lama hingga ratusan tahun. Namun ternyata saat ini, setidaknya ada kabar gembira yang hadir dari dua anak remaja Miranda Wang dan Jeanny Yao yang menemukan cara memusnahkan plastik.

Miranda dan Jeanny telah memenangkan Science Fair ditahun lalu dengan penemuannya dalam upaya memusnahkan sampah plastik dengan menguraikan plastik oleh bakteri baru yang dapat memecah senyawa jahat yang disebut phthalates, yang umum berada pada plastik dan dikaitkan dengan masalah kesehatan.

Mari kita saksikan video mengenai penjelasan mereka dalam menemukan dan mengidentifikasi bakteri baru pengurai sampah plastik:


Setelah kunjungan ke tempat pembuangan sampah plastik tahun lalu, siswa yang bernama  Miranda Wang dan Jeanny Yao belajar bahwa banyak plastik di tempat sampah mungkin tidak hancur selama 5.000 tahun. Disintesis pada plastik menghasilkan phthalates (senyawa jahat racun plastik) yang membungkus makanan dan produk lainnya tetapi juga dapat berdampak negatif bagi perkembangan alat reproduksi manusia dan kesehatan.

Dua ilmuwan muda dengan beragam pecobaan akhirnya menemukan bakteri kuat yang memiliki potensi untuk menguraikan phthalates alami. Pekerjaan mereka dalam menemukan bakteri tersebut telah memperoleh tempat sebagai juara pertama di British Columbia for the 2012 Sanofi BioGENEius Challenge Canada, serta mendapat penghargaan khusus untuk potensi yang paling komersial di final kontes.

Hal ini menjadi solusi terbaik saat ini, sehingga pengembangan mengenai bakteri pengurai ini perlu penelitian lebih lanjut guna memusnahkan sampah plastik secara alami yang ada di dunia. Semoga saja dengan hal tersebut masalah sampah plastik dapat terselesaikan segera.

Sumber: Gomuda.com

Tidak ada komentar: