20 Februari 2014

Hari Peduli Sampah Nasional 2014 di Surabaya


Surabaya ditunjuk oleh Kementerian Lingkungan Hidup menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Peduli Sampah. Kegiatan ini bak digelar di Taman Surya Surabaya pada 24 Februari 2014.

Selain Kementerian KLH, acara bertema “Gerakan Indonesia Peduli Sampah Menuju Masyarakat Berbudaya 3R untuk Kesejahteraan Masyarakat” dengan tagline “Indonesia Bersih Sampah 2020” juga  akan dihadiri Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Lingkungan Hidup Jepang dan United Nations Centre for Regional Development (UNCRD).

Deputi KLH Bidang Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun, Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun dan Sampah, Rasio Ridho Sani, Kamis (20/2/2014), mengatakan pada acara tersebut akan dilakukan Deklarasi “Gerakan Indonesia Peduli Sampah Menuju Masyarakat Berbudaya 3R untuk Kesejahteraan Masyarakat”. Gerakan ini merupakan komitmen lebih dari 30 bupati dan wali kota, kalangan dunia usaha dan masyarakat dalam mewujudkan Indonesia peduli sampah.

Selain itu, juga akan diselenggarakan Fifth Regional 3R Forum in Asia and The Pacific tanggal 25 – 27 Februari 2014 di Surabaya. Tema acara adalah “Multilayer Partnerships and Coalition as the Basis for 3Rs Promotion in Asia and the Pacific” (Kemitraan Multilayer dan Koalisi sebagai dasar Promosi 3R di Asia dan Pasifik).

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional dilatar belakangi terjadinya tragedi longsor sampah di TPA Leuwigajah di Cimahi, Jawa Barat pada 21 Februari 2005. Penyebab longsor tersebut diduga karena curah hujan yang sangat tinggi serta ledakan gas metana (CH4) yang terperangkap dalam timbunan sampah.

Longsoran gunungan sampah tersebut menewaskan lebih dari 150 jiwa yang kemudian dinyatakan sebagai bencana lingkungan. Mayoritas korban adalah penduduk di sekitar TPA yang bekerja sebagai pemulung. Sejak itu, Hari Peduli Sampah (HPS) diperingati setiap tanggal 21 Februari untuk membangun komitmen bersama agar bencana akibat pengelolaan sampah yang kurang baik dan tidak berwawasan lingkungan tidak terulang.

Hari Peduli Sampah 2014 dijadikan momentum untuk membangun kesadaran kolektif bahwa pengelolaan sampah harus lebih baik bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Pelaksanaan Prinsip 3R (reduce, reuse dan recycle) dalam pengelolaan sampah adalah pilihan yang tidak terhindarkan guna mewujudkan hal tersebut.

Sumber: enciety.co

Tidak ada komentar: