2 Juli 2013

Penyebab snowflake jadi gorila albino


Seekor gorila albino atau berwarna putih menjadi sangat terkenal di Kebun Binantang Barcelona selama 40 tahun. Para peneliti pun mencari tahu penyebab gorila albino yang memiliki nama Snowflake itu memiliki warna putih pada mata, kulit, dan rambutnya.

Menurut Discovery News, 18 Juni 2013, kini teka-teki kemunculan gorila albino terjawab. Tim peneliti dari University of Pompeu Fabra di Spanyol menemukan bahwa warna putih dari gorila itu didapatkan karena melakukan kawin sedarah.

Snowflake lahir dan ditangkap di alam liar pada tahun 1966 di kawasan Guinea Ekuatorial, Afrika tengah. Ia menjadi gorila satu-satunya di dunia yang berwarna putih. Tapi, gorila itu telah mati pada tahun 2003 akibat penyakit kanker kulit.

Untuk menemukan penyebab warna putihnya, para peneliti mengurutkan seluruh genom gorila. Hasil terungkap, Snowflake merupakan gorila keturunan dari pasangan paman dan keponakan.

Pemimpin penelitian, Tomas Marques Bonet mengatakan, dengan menggunakan darah beku dari gorila itu, tim akhirnya menemukan ada kelainan hipopigmentasi yang ditandai oleh tidak adanya pigmen pada mata, kulit, dan rambut.

"Penyebab gorila menjadi albino adalah sebuah gen tunggal yang dikenal dengan nama SLC45A2. Snowflake mewarisi gen SLC45A2 dari kedua orang tuanya," ungkap Bonet.

Bonet menambahkan, meskipun beberapa subspesies gorila terutama yang berada di populasi yang kecil juga banyak melakukan perkawinan sedarah. Namun, kemunculan albino bisa disebabkan oleh gen resesif yang sangat cocok.

"Urutan genom gorila albino itu akan menjadi proyek besar penelitian selanjutnya. Tujuannya adalah untuk memahami variasi genetik dari populasi gorila yang sudah semakin menurun di alam liar," ujar Bonet.

Hasil penelitian ini sudah diterbitkan pada 31 Mei 2013 di Jurnal BMC Genomics.

Sumber: http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/421780-teka-teki-penyebab-gorila-albino-terjawab

Tidak ada komentar: