3 Juli 2013

Menikmati ketenangan gunung ruang


Jika Anda ingin menikmati suasana yang tenang dan pemandangan yang indah meneduhkan, cobalah bertandang ke Pulau Tagulandang dan nikmati pemandangan Gunung Ruang. Dijamin, kepenatan yang membekap karena rutinitas akan terbayarkan di sini.

Pulau Tagulandang merupakan salah satu pulau terbesar yang ada di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro). Salak terbaik di Sulawesi Utara datang dari pulau ini. Dari Pelabuhan Manado, Tagulandang bisa dicapai dengan menumpang kapal cepat lebih kurang 2 jam perjalanan.

Dermaganya terlindungi di balik Gunung Ruang, salah satu gunung api yang ada di Sulawesi Utara. Dengan ongkos perjalanan seharga Rp 130.000, Anda akan disuguhkan dengan ketenangan suasana yang mungkin tidak akan terlupakan.

Di Tagulandang terdapat beberapa penginapan dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 100.000 per hari sudah termasuk makan dua kali dengan menu ikan segar. Bangunlah subuh menjelang matahari terbit, lalu berjalan ke arah pantai. Jika bertepatan dengan hari pasar, Anda akan disuguhkan panorama berupa perahu-perahu nelayan yang membongkar hasil tangkapannya untuk dijual di pasar.

Kesibukkan para nelayan dan warga yang menggunakan transportasi perahu ini menjadi sebuah pemandangan yang begitu indah dengan latar belakang Gunung Ruang. Laut di depannya begitu tenang dan sangat meneduhkan suasana.

Jika cuaca lagi cerah, seiring matahari naik ke permukaan, langit di sekitar Gunung Ruang akan menyajikan warna biru yang menakjubkan. Hal itu bisa terjadi karena Tagulandang masih jauh dari polusi udara.

Anda dapat menyewa perahu nelayan yang ada di sekitar pantai lalu bermain di laut yang sangat tenang antara Gunung Ruang dan Dermaga Tagulandang, makin seru naik perahu sambil memancing.

Walau merupakan gunung berapi, Gunung Ruang juga dihuni oleh warga. Terdapat beberapa desa di kaki Gunung Ruang. Sewaktu Gunung Ruang meletus terakhir kali pada 2002, warga desa ini harus diungsikan ke Pulau Tagulandang.

Usai puas menikmati Gunung Ruang dan perairan tenang di sekitarnya, kembalilah ke pantai dan bakarlah hasil tangkapan ikan yang didapat. Nikmati bersama warga yang dengan sukarela akan menyediakan alat bakarnya.

Ketika balik ke Manado, jangan lupa beli buah salak sebagai oleh-oleh. Tidak perlu repot mencarinya, ketika kapal datang, para penjual Salak berlimpah di Dermaga Tagulandang dengan harga yang sangat murah.

Tidak ada komentar: